Berita Sepak bola – Manchester United (MU) tampil gemilang ketika melakoni pertandingan hidup atau mati pada matchday 5 Grup A Liga Europa 2016/17. Tim asuhan Jose Mourinho sukses mencukur Feyenoord Rotterdam 4-0 (1-0), pada Jumat (25/11) pagi WIB. Ya, dibebani harus memenangkan pertandingan ini, MU tampil impresif pada babak pertama, kala menjamu Feyenoord.

Laga kontra Feyenoord di Stadion Old Trafford ini, merupakan partai penentuan apakah MU masih berpeluang lolos ke babak 32 besar Liga Europa. MU wajib menang setelah dua jam sebelum laga ini dimulai, Fenerbahce sudah lebih dulu memastikan diri melaju ke fase berikutnya, usai membekuk Zorya Luhansk 2-0 di Istanbul. Artinya, kalau MU kalah di laga kontra Feyenoord, MU dipastikan terlempar dari Liga Europa musim ini. Dengan motivasi tersebut, tuan rumah tampil habis-habisan sejak wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan dimulai.

Sejumlah peluang diciptakan oleh MU dan Feyenoord. Kans terbaik tim tamu terjadi pada menit ke-26, ketika dua kesempatan cetak gol tim besutan Giovanni van Bronckhorst digagalkan oleh aksi gemilang Sergio Romero. Sedang MU akhirnya memimpin 1-0 di jeda babak via gol kapten tim, Wayne Rooney, pada menit ke-39. Kini dia telah mengkoleksi 39 gol di kompetisi Eropa buat Manchester United, sekaligus menjadikannya top scorer MU sepanjang masa di ajang Eropa, mengalahkan rekor 38 gol milik Ruud van Nistelrooy.

Di babak kedua, tekanan tak dihentikan oleh tuan rumah, hingga mereka menambah tiga gol lagi, masing-masing lewat Juan Mata, bunuh diri Brad Jones, dan tendangan brilian Jesse Lingard. Dengan tambahan tiga angka dari laga ini, MU naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan nilai 9, atau satu poin lebih sedikit dari Fenerbahce di posisi teratas. Feyenoord turun ke urutan ketiga (7 poin), dan Zorya (2) sebagai juru kunci dipastikan tersingkir.

Adapun bentrok matchday terakhir pada 8 Desember mendatang, MU punya kans jadi juara Grup A dan lolos ke babak 32 besar, jika mampu mengalahkan tuan rumah Zorya. Akan tetapi dengan syarat, pada waktu bersamaan Fenerbahce tak mampu mengalahkan Feyenoord di Rotterdam

LEAVE A REPLY